Skip to main content

Arti Yang Terdapat dalam Doa Sholat Dhuha

Surat Ad Dhuha adalah satu diantara yang umum dipakai untuk doa sholat dhuha. Surat yang ke 93 didalam Al Quran ini memiliki 11 ayat. Dalam surat yang termasuk dalam surat Makkiyah ini di turunkan sesudah surat Al fajr. Nama dari surat ini tampak di ambil dari ayat pertama yang ada didalam surat itu, Dimana dalam ayat yang pertama memiliki makna saat matahari sepenggalang naik.

Tidaklah heran bila beribadah sholat dhuha dikerjakan saat matahari telah ada di sepenggalang naik atau seperempat dari siang. Arti dari surat Ad Dhuha ini Allah berupaya menjelaskan pada umatnya (Nabi Muhammad) tentang pemeliharaan pada larangan yang perlu dijauhi serta anak yatim yang perlu senantiasa dijaga. Hal semacam ini ditujukan supaya manusia selalu bersukur pada Allah untuk semua jenis nikmat yang didapatkan. Sebelumnya Anda mengerti arti apa yang terdapat dalam surat itu silakan membaca terlebih dulu surat Ad Dhuha bersama terjemahannya.

Jika Anda sudah membacanya dengan lengkap. Jadi untuk dapat mengerti arti yang terkadung didalam Surat yang di baca waktu doa sholat dhuha itu. Di bawah ini yaitu sebagian kandungan didalam surat Ad Dhuha ;
• Ketika membaca Ad Dhuha ini jadi disarankan untuk mengatakan takbir selesai melantunkan hingga ayat ke sebelas. Hal semacam ini disarankan berdasar pada hadist dari Rasulullah yang memberi argumen kalau Ad Dhuha ini adalah satu surat yang dapat memberikan keceriaan serta kesenangan atas rasa sukur pada Allah
• Surat ini memiliki kandungan arti kalau saat dhuha seperti satu saat malam yang sudah sunyi yang juga akan memperoleh perhatian dari Allah.
• Surat Ad Dhuha ini memberi saran pada umat Islam selalu untuk qanaah atau terima apa pun itu dengan ikhlas.

Semua yang didapatkan oleh Allah yaitu satu kenikmatan karna ukurannya bukanlah harta namun ketenangan jiwa.
Sedikit arti yang dapat diberi tentang satu diantara surat yang dapat dilantunkan saat tengah doa sholat dhuha itu. Mudah-mudahan dapat memberi faedah pada pembaca sekalian.