Skip to main content

8 Kebiasaan Mudah untuk Kulit Wajah Bersinar

Minum Air Putih

Memiliki kulit yang sehat dan bercahaya tentu menjadi dambaan setiap wanita. Banyak dari mereka yang menyempatkan diri setiap minggunya untuk melakukan berbagai perawatan kecantikan di salon dengan tarif yang tidak murah. Semua itu mereka lakukan demi memiliki kulit sehat bebas jerawat, komedo bahkan garis halus dan kerutan.

Padahal terdapat banyak cara yang bisa dilakukan para wanita untuk memiliki kulit yang mereka idam-idamkan tersebut, dan beberapa cara tersebut dapat dengan mudah dilakukan sendiri di rumah. Jika melakukannya sendiri di rumah tentu akan lebih menghemat waktu, karena Anda bisa melakukannya sambil berolahraga, mengerjakan pekerjaan kantor atau sekedar bersantai mendengarkan musik favorit.

Nah simak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kulit sehat dan bersinar dari rumah berikut ini.

  1. Bersihkan Wajah

Yang pertama, coba bersihkan wajah menggunakan air hangat tiga kali sehari. Air hangat dapat mengangkat kotoran lebih mudah serta mengurangi minyak berlebih di permukaan kulit. Selain itu air hangat juga dapat melemaskan otot-otot wajah serta melancarkan peredaran darah sehingga kulit wajah Anda tidak mudah terkena masalah kulit.

Anda cukup membasuhnya menggunakan air hangat tanpa sabun muka, pastikan airnya hangat-hangat kuku, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Coba lakukan dengan rutin tiga kali sehari, setelah bangun tidur, sebelum beraktivitas dan sebelum tidur.

  1. Cuci dengan Sabun

Selain menggunaka air hangat, Anda juga harus membasuh wajah menggunakan sabun secara rutin. Pakailah produk perawatan wajah yang sesuai dengan kulit Anda dan mampu mengontrol wajah berminyak serta mengangkat sel kulit mati. Cuci wajah kamu dua kali sehari, setelah bangun tidur dan sebelum tidur di malam hari.

  1. Masker Susu dan Air Mawar

Masker wajah memang dibutuhkan untuk memberikan perawatan ekstra pada kulit wajah. Selain dapat mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah, ini juga merupakan cara mengecilkan pori-pori yang bisa Anda coba. Anda bisa mencoba campuran susu murni dan air mawar, oleskan kedua campuran ini pada wajah dan diamkan sekitar 10-20 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini dua kali seminggu.

  1. Minum Jus Lemon

Kurangi atau kalau bisa tinggalkan kebiasaan minuman bersoda dan minuman instan lain dan ubah dengan jus buah asli yang kaya akan nutrisi untuk tubuh dan kulit Anda. Coba minum jus lemon yang diracik tanpa campuran apapun, lemon kaya akan vitamin C yang baik untuk kulit Anda. Minumlah jus lemon dua kali sehari, atau jika bisa Anda bisa mencoba buah lain dengan kandungan serupa seperti stroberi atau apel.

  1. Minum Air Putih

Air putih berfungsi untuk membuang zat-zat berbahaya yang tidak diperlukan oleh tubuh, termasuk kotoran yang ada di wajah Anda. Meski berat, kebiasaan minum air putih harus dilakukan sejak dini agar terbiasa dan terasa manfaatnya. Minumlah setidaknya 15-20 gelas air putih perhari.

  1. Buah & Sayur

Buah dan sayur memiliki nutrisi dan vitamin yang baik untuk kulit Anda, mulailah untuk memperbanyak keduanya dalam menu makanan sehari-hari Anda.

7. Tidur Cukup

Tidur cukup juga memiliki kaitan pada kesehatan kulit. Ketika kita tidur cukup dan sesuai dengan waktunya, tubuh dapat bekerja dengan baik membuang racun dan mengganti sel kulit mati termasuk pada wajah Anda.

  1. Gunakan Tabir Surya

Polusi mengandung banyak zat beracun serta kotoran yang dapat merusak kulit serta menimbulkan jerawat dan komedo. Sementara itu paparan sinar matahari bisa merusak jaringan kulit Anda. Untuk menghindari keduanya, gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

Anda juga bisa mengenakan kacamata dan topi agar lebih terlindungi dari polusi dan paparan sinar matahari langsung.