Skip to main content
Obat Bisul Alami

4 Cara Mengatasi Bisul Secara Alami

Bisul adalah benjolan berwarna merah pada kulit yang berisi nanah dan sakit sewaktu disentuh. Bentolan tersebut biasanya terjadi kraena adanya infeksi bakteri pada lubang tempat rambut tumbuh sehingga menyebabkan inflamasi.

Bisul bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja yang ditumbuhi bulu dan rambut, oleh karena itu sangat jarang dilihat bisul yang tumbuh pada bagian tanpa rambut seperti telapak kaki, tangan, lidah, dan bibir.

Bisul paling sering ditemukan pada bagian wajah, paha, leher, kepala dan ketiak karena bagian tersebut selain ditumbuhi rambut, juga sangat mudah berkeringan dan bergesekkan.

Bintitan pada mata juga sebenarnya adalah salah satu jenis bisul.

 

4 Obat Bisul Tradisional Sebagai Pengobatan Alami

Obat Bisul Alami

1. Aloevera (Lidah Buaya)

Tidak hanya dapat membuat rambut tumbuh subur, ternyata lidah buaya juga bermanfaat untuk obat bisul. Aloevera sendiri mempunyai berbagai mineral bermanfaat yang berdampak baik untuk kesehatan.

Caranya adalah dengan mengoleskan getah lidah buaya pada bagian dimana bisul tersebut tumbuh, biarkanlah getah tersebut sampai kering dengan sendirinya.

 

2. Bawang Putih

Memang sudah diketahui oleh orang banyak bahwa bawang putih dapat membunuh virus bakteri yang menyerang kulit. Dengan matinya virus dan bakteri yang terdapat pada bisul, maka proses penyembuhan akan meningkat dengan cepat.

Selain itu, cara mengobatinya juga sangatlah mudah! Cukup dengan menghancurkan 1-2 butir bawang putih dan kompreslah dengan air hangat.

Jika Anda merasakan sedikit rasa perih, tidak usah khawatir! Itu normal!

 

3. Temulawak

Temulawak adalah tanaman herbal yang sering digunakan oleh orang zaman dulu di Indonesia sebagai obat penyembuh berbagai kondisi kesehatan, dan salah satunya adalah obat bisul alami.

  • Siapkan beberapa ruas temulawak yang sudah diiris secara tipis-tipis.
  • Rebuslah dengan beberapa gelas air yang ditambah dengan gula aren
  • Saring minuman tersebut dan konsumsilah.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, air rebusan temulawak juga bisa digunakan sebagai obat kompres untuk bisul.

 

4. Daun Sirsak

Walaupun masih tergolng baru, penemuan antioksidan pada daun sirsak sering dikaitkan dengan berbagai macam penyakit sebagai obat alami. Selain dapat menyembuhkan kanker dan tumor, daun sirsak juga dipercaya dapat menyembuhkan bisul.

  • Siapkan daun sirsak yang sudah ditumbuk secara halus
  • Tempelkan tumbukan daun sirsak tersebut pada bagian bisul dan biarkan hingga kering secara sendirinya
  • Bilas menggunakan air hangat hingga benar-benar bersih