Skip to main content

3 Langkah Memperbaiki Masalah “Diperlukan Autentikasi Google Play” di Android

Diperlukan Autentikasi Google Play

Terkadang pengguna HP Android mengalami error seperti muncl peringatan “Google Play authentication is required” atau juga bisa muncul “Diperlukan autentikasi Google Play ” merupakan persoalan yang begitu umum yang sering terjadi. Berikut ini merupakan tutorial mengatasi kesalahan autentikasi di aplikasi Google Play dalam tiga langkah yang mudah. Plus, kita telah meningkatkankan berbagai saran paling baik untuk mengantisipasi persoalan ini.

Logout akun Google anda, kemudian login kembali

Kesalahan ini bisa saja dikarenakan oleh akun google yang bermasalah. Dan terkadang terjadi saat Play Store diperbarui. Tips pertama yaitu coba masuk ke menu Setting lalu pilih Accounts serta hapus akun Google yang ada (Nanti akan muncul pesan “authentication is required”). Jika langkah tersebut sudah dilakukan silahkan anda matikan hp anda dan hidupkan kembali, Anda bisa login kembali dengan akun google yang tadi logout. Lalu coba  anda tes kembali, apakah error Google Play authentication is required masih ada? Apabila pesan teresbut masih ada, lajut ke langkah berikutnya.

Hapus data dari Google Play Store

Hapus data dari Google Play Store

Untuk menghilangkan data dari Play Store, Sobat butuh masuk ke Setelan serta kemudian cari “Google Play Store” . Ketuk serta pilih Hapus data. (sebaiknya Sobat juga membersihkan cache terlebih dahulu), serta restart handphone Android Sobat.

Alternatif lain apabila persoalan error Google Play authentication is required / diperlukan autentikasi Google Play tetap timbul bisa anda coba beberapa saran berikut ini;

  • Hapus Update Google Play
  • Unistall Google Play serta Pasang kembali

Saran dari Pembaca yang telah sukses menanggulangi error Google Play authentication is required / diperlukan autentikasi Google Play

Coba sinkronisasi baru

Ada kemungkinan hal-hal tak disinkronkan sebab berbagai alasan. Dengan cara melakukan sinkronisasi baru maka otomatis data akan menjadi baru pula. Untuk caranya silahkan buka menu pengaturan di ponsel Anda, ketuk Akun lalu pilih Google > alamat email kemudian pilih sinkronkan semua.

Coba gunakan browser handphone Sobat

Buka peramban web Sobat serta navigasikan ke Google Play Store (cari lewat Chrome browser). Coba download app langsung dari sana daripada melewati apl Google Play Store. Masuk ke akun Google via browser yang sudah dibuka tadi serta kemudian instal app yang dipilih terserah anda yang mana saja.

Jika masalah autentikasi akun Google masih ada, cara terakhir adalah dengan melakukan format atau reset ulang telpon anda menggunakan metode factory reset atau flashing firmware. Dengan begitu saya rasa permasalah akan selesai, namun perlu di ingat sebelum melakukannya silahkan anda backup terlebih dahulu file-file penting dan kontak di handphone anda.