Skip to main content

Perhatikan Kondisi Rambut Ini Menandakan Penyakit Tertentu

Kondisi Rambut

Tahukah Anda bahwa kondisi rambut dapat menandakan munculnya pernyakit tertentu? Berikut ini beberapa tips kesehatan yang bisa Anda perhatikan disaat rambut Anda mengalami kerontokan atau terdapat perubahan yang terasa. Mungkin saja kondisi rambut tersebut menandakan munculnya suatu penyakit yang berbahaya untuk Anda, dengan mengetahui beberapa tanda-tanda ini Anda bisa lebih cepat mengobatinya agar tidak terlambat dan semakin parah.

Rambut Menipis

Terdapat pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa rambut yang semakin menipis menandakan adanya masalah sistem imun atau sistem kekebalan tubuh atau kekurangan berbagai macam vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Jika rambut Anda terus menerus menipis Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter terkait untuk memvalidasi pertanda yang muncul.

Rambut Rapuh

Jika rambut Anda rapuh dan pecah-pecah bisa jadi merupakan tanda munculnya penyakit anemia atau gangguan tiroid. Meski anemia muncul dengan beberapa pertanda lain yang lebih terasa seperti mudah lelah, jantung berdebar dan pusing.

Rambut Berketombe

Ketombe sering kali dikaitkan dengan kondisi rambut atau kulit kepala yang kurang mendapatkan perawatan yang baik. Namun jika Anda sudah merawat rambut dengan baik, namun ketombe masih muncul, bisa jadi hal ini merupakan masalah kesehatan yang harus diperhatikan. Sebagai contoh, jika ketombe yang ada merupakan kulit kepala yang mengelupas, maka bisa saja hal ini disebabkan oleh psoriaris, gangguan kesehatan yang terkair dengan sindrom metabolic atau kesehatan jantung.

Rambut Kering

Rambut yang kering ternyata bisa disebabkan karena perubahan keseimbangan hormon. Hal ini bisa terjadi pada wanita yang mulai memasuki fase menopause atau wanita yang sedang hamil.

Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok bisa karena konsumsi obat-obatan tertentu yang bisa merusak folikel rambut sehingga rambut rontok. Selain itu bisa juga disebabkan oleh terganggunya keseimbangan hormon, lebih tepatnya hormon kortisol atau yang sering disebut hormon stres sedang dalam jumlah berlebihan. Jika kerontokan dibarengi dengan gejala lain seperti naiknya berat badan dan otot yang melemah, bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda masalah kesehatan yang lebih serius dan harus segera dilakukan pemeriksaan oleh dokter.