Skip to main content

Buat Elu Yang Ingin Menulis, Tapi Sering Gak Bisa Memulainya

Mungkin kalimat diatas adalah diantara alasan-alasan mengapa seseorang merasa malas untuk menulis. Bukan karena tidak bisa, tapi karena hadirnya pikiran-pikiran negatif diatas dan puluhan pikiran negatif lainnya tentang menulis. Padahal sama seperti membaca atau berhitung, menulis juga bisa dipelajari.

Hal atau prasyarat yang terutama untuk mulai belajar menulis yaitu KEMAUAN. Ingat KE-MA-U-AN, janganlah ditambah huruf “L”, kelak jadinya KEMAUANL, hehehehehe.

Menulis itu perlu dalam sistem belajar seseorang manusia, tak tahu itu menulis (ulang) pelajaran di sekolah, menulis satu karya (catat & ilmiah), menulis diary atau tulisan yang lain. Menulis juga menolong mengasah otak kita untuk berfikir serta menaruh memori mengenai ilmu dan pengetahuan.

Nah, Untuk anda yang menginginkan mulai belajar menulis, sebagian panduan tersebut mungkin saja dapat diaplikasikan supaya lebih berikan motivasi kalian untuk mulai menulis

1. Mulai dengan rajin membaca

Prasyarat ini mungkin saja dapat disebut harus dapat pula tidak. Tetapi, bila ini telah jadi rutinitas, modal kalian jadi penulis telah ada. Kenapa mesti membaca?, seseorang penulis, pembicara sekalian pakar otak kanan, Ippho Santosa dalam satu bukunya sempat berkata, :

“Guru yang baik yaitu pembelajar yang baik, Pembicara yang baik yaitu pendengar yang baik, Penulis yang baik yaitu pembaca yang baik”

Dengan logika, mustahil dia jadi seseorang guru (pengajar) yang baik, bila belum juga sempat jadi pembelajar (yang baik). Seorang juga akan jadi Pembicara yang baik, bila tau langkah jadi pendengar yang baik. Begitu juga Penulis, sebelumnya jadi penulis yang baik, jadikanlah diri kalian Pembaca yang baik.

Baca Juga: Cara Membuat Karya Tulis

Membaca karya orang yang lain, yaitu bentuk animo, berarti dengan sadar atau tidak, melatih kita untuk dapat memperbandingkan mana tulisan yang enak di baca, enak dipelajari, serta yang mempunyai tata bhs yang baik (pastinya menurut kita sendiri). Hal tersebut yang juga akan jadi modal saat kita mulai coba menulis, kita mungkin saja dengan atau tanpa ada sadar juga akan ikuti atau ambil beberapa style bhs serta langkah penyajian penulis yang kita baca karyanya.

Diluar itu, membaca akan meningkatkan ilmu dan pengetahuan, imajinasi serta perspektif suatu hal dari pojok pandang orang yang lain, hingga juga akan menaikkan pembendaharaan pikiran untuk penulis. Jadi, anjuran pertama saya yaitu rajinlah membaca

2. Bawa alat untuk menulis dimanapun kalian pergi

Inspirasi untuk satu tulisan dapat keluar dimana saja, kapanpun serta lewat cara bagaimanapun. Untuk beberapa orang, temukan satu inspirasi untuk tulisan umumnya lewat cara, menyendiri, bermiajinasi di ruang sepi. Tetapi untuk beberapa yang beda, inspirasi dapat keluar sewaktu yg tidak terduga, contoh saat pergi, mengobrol, bernyanyi, membaca buku, melihat film, belanja, bahkan juga (maaf) buang air. Hehehehehe

Karenanya, anjuran saya setelah itu yaitu, bawa alat catat dimanapun kalian pergi, Hal semacam ini supaya inspirasi yang setiap saat keluar, dapat segera kalian catat. Karna bila tidak ditulis, peluang inspirasi itu juga akan hilang serta terlupakan, diluar itu, menulis waktu event inspirasi itu keluar pertama kalinya, lebih merasa hidup dari pada waktu kita mengingat-igat kembali event itu.

Bila repot membawa balpoin, buku atau laptop. Kalian dapat membawa buku saku, atau jadikan Handphone, jadi media untuk menulis