Skip to main content

Yuk Kepoin Tentang Pulau Pari

Apakah kamu tahu destinasi wisata yang beberapa tahun ini cukup booming ?Yup, salah satunya yaitu Wisata Pulau Pari yang cukup terkenal dengan Pantai Perawannya yang menawan. Pulau Pari termasuk kedalam wilayah Pulau Pari, dari kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Secara letak geografisnya, Pulau Pari Terletak 6°0′14″LU 106°46′44″BT. Pulau ini memiliki letak yang berdampingan dengan Pulau Payung, Pulau Tikus, Pulau Bokor, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Burung dan Pulau Lancang.

Untuk menempuh menuju pulau pari kita bisa melalui jalur laut dengan titik awal dermaga Muara Angke, dermaga Rawa Saban (Paku Haji) atau dermaga Marina Ancol. Dermaga yang sering digunakan biasanya melalu dermaga Marina Ancol ataupun Muara Angke. Anda bisa menggunakan kapal kerapu ataupun kapal feri tradisional. Perjalanan menuju lokasi destinasi wisata ini terbilang memakan waktu yang cukup lama hingga berjam-jam, agar bisa menikmati secepatnya berwisata di Pulau Pari, sebaiknya anda berangkat lebih pagi atau menggunakan speedboat dari Marina Ancol agar segera mencapai tujuan.

Pulau Pari mempunya letak yang cukup baik. Pulau ini di kelilingi oleh pulau-pulau yang lebih besar sehingga lebih aman dan terlindung dari bahaya abrasi oleh ombak. Beberapa koloni mangrove pun juga begitu rimbun disekitarnya, terutama yang terletak di wilayah utara. Vegetasi mangrove ini memang sangat berguna agar mengurangi terkikisnya daratan tanah akibat amukan ombak. Masyarakatpun ternyata cukup menjaga alam sekitarnya dengan menjaga alam. Sehingga jika di bandingkan dengan pulau lainnnya, kondisi alam disini masih sangat terjaga.

Pantai Pasir Perawan adalah ikon ketika anda berwisata kesini. Letaknya terlindung karena adanya Pulau Burung dan koloni mangrove yang menjadi dari proses abrasi. Pantai nya sangat indah sehingga tidak salah ini merupakan destinasi yang wajib di ikut sertakan dalam schedule anda ber wisata pulau pari.