Skip to main content
permainan gobak sodor

Permainan Gobak Sodor [Lengkap]

Permainan Gobak Sodor – Di berapa daerah di Indonesia nyaris seluruh kenal permainan Gobag Sodor, cuma di tiap-tiap daerah miliki nama yg berlainan. Makna Gobak Sodor di kenal di daerah Jawa Tengah.

Di Kepulauan Natuna di kenal dengan nama Galah, sesaat di Riau di kenal dengan nama Galah Panjang, di daerah Riau Daratan di kenal dengan nama Cak Bur atau Main Belon. Dan di Jawa Barat, nama permainan ini merupakan Galah Asin, di Makasar dimaksud Asing serta di daerah Batak Toba dimaksud Margala nah informasi ini memang beberapa mengambil dari website https://porosbumi.com/ jika ingin membaca lebih lengkapnya silahkan kunjungi.

Permainan Gobak Sodor

Gobak Sodor merupakan satu buah permainan kelompok yg terdiri dalam dua kelompok, dimana semasing tim terdiri dalam 3 – 5 orang. Inti permainannya merupakan merintangi lawan biar tak dapat lolos melewati garis ke baris paling akhir dengan cara bolak-balik, serta utk memperoleh kemenangan semua anggota kelompok mesti dengan cara komplet laksanakan sistem bolak-balik dalam ruangan lapangan yg udah tergantung.

permainan gobak sodor
Gambar permainan gobak sodor

Permainan ini kebanyakan dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan rujukan garis-garis yg ada atau bisa pula dengan memanfaatkan lapangan segiempat dengan ukuran 9 x 4 m yg dibagi jadi 6 area. Garis batas dari tiap tiap area kebanyakan di beri isyarat dengan kapur.

Anggota kelompok yg beroleh giliran utk memelihara lapangan ini terdiri dua, yakni anggota kelompok yg memelihara garis batas horisontal serta garis batas vertikal.

Buat anggota kelompok yg beroleh pekerjaan utk memelihara garis batas horisontal, jadi mereka bakal mengusahakan utk membatasi lawan mereka yg juga mengusahakan utk melewati garis batas yg udah tergantung menjadi garis batas bebas.

Buat anggota kelompok yg beroleh pekerjaan utk memelihara garis batas vertikal (kebanyakan cuma satu orang), jadi orang ini miliki akses utk seluruh garis batas vertikal yg terdapat ditengah lapangan.

Cara Bermain Permainan Gobak Sodor :

*Membagi pemain jadi dua tim, satu tim terdiri dalam 3 – 5 atau mampu sesuai dengan jumlah peserta. Satu tim bakal jadi tim “jaga” serta tim yg beda bakal jadi tim “lawan”.

*Anggota tim yg beroleh giliran “jaga” bakal memelihara lapangan, langkahnya yg dijaga merupakan garis horisontal serta ada pula yg memelihara garis batas vertikal.

Utk penjaga garis horisontal tugasnya merupakan mengusahakan utk membatasi lawan mereka yg juga mengusahakan utk melewati garis batas yg udah tergantung menjadi garis batas bebas.

Buat seseorang yg beroleh pekerjaan utk memelihara garis batas vertikal jadi tugasnya merupakan memelihara seluruh garis batas vertikal yg terdapat ditengah lapangan.

*Sedangkan tim yg jadi “lawan”, mesti mengusahakan melewati baris ke baris sampai baris paling belakang, lantas kembali melewati penjagaan lawan sampai hingga ke baris awal.

Peraturan Permainan Gobak Sodor

Dibawah ini ketetapan – ketetapan yg berlaku dalam permainan Gobak Sodor :

*Pemain terdiri jadi 2 group yg terdiri dalam 3-5 orang (sesuai).

*Jika 1 group terdiri dalam 5 orang jadi lapangan dibagi jadi 4 kotak persegi panjang, yg mempunyai ukuran 5m x 3m (sesuai).

*Tim “jaga” bertugas memelihara biar tim “lawan” tak dapat menuju garis finis.

*Tim “lawan” di katakan menang seandainya diantara satu anggota tim sukses kembali lagi garis start dengan selamat (tak tersentuh tim lawan).

*Tim “lawan” di katakan kalah andaikan diantara satu anggotanya tersentuh oleh tim “jaga” atau keluar melewati garis batas lapangan yg udah tergantung. Andaikan perihal tersebut berjalan, jadi bakal dilaksanakan perubahan urutan yakni tim “lawan” bakal jadi tim “jaga”, serta demikian sebaliknya.

Manfaat Permainan Gobak Sodor

Permainan ini sangatlah menarik, menggembirakan sekalian sangatlah sukar lantaran tiap tiap orang mesti tetap berjaga serta lari selekas-lekasnya andaikan diperlukan utk memperoleh kemenangan.

Nilai spiritual dalam permainan Gobak Sodor tidak hanya kebersamaan, kita bisa juga belajar kerja sama yg kompak pada satu penjaga serta penjaga beda biar lawan tak terlepas kendali utk keluar dari kungkungan kita.

Di pihak beda buat penerobos yg pakar, disana ada banyak pintu-pintu yg terbuka seandainya satu celah dirasakan udah tertutup.

Jangan sampai putus harapan seandainya dirasakan ada pintu satu yg dijaga, lantaran masihlah ada pintu beda yg siap terima kehadiran kita, yg utama kita pengin pengen mengusahakan serta melakukan tindakan lekas. Ingatkanlah bahwa kesempatan tetap ada, walau kadang kala peluangnya sedikit.