Skip to main content

Cara Memberikan Pelajaran Agama Untuk Balita

Kapankah anak mulai dan bisa berpikir untuk mencari ilmu aqidah? Jawabannya yaitu di fase balita. Di fase ini, balita terus tumbuh kecerdasannya baik IQ, EQ ataupun SQ. Ya, kerohanian questions salah satu penanda kecerdasan. tidak sedikit yang mengabaikan kecerdasan ini. Para orang tua lebih menyukai memberikan les penambahan si anak seperti berhitung, walaupun hal ini sah-sah saja untuk si anak. Kewajiban ortu pada anak adalah menanamkan pendidikan agama agar balita berkembang jiwa dan baik tingkah lakunya.

Memberikan  pendidikan akidah dan agama bagi balita memang gampang – gampang sulit. Sedangkan bagi pasangan muda yg baru mempunyai anak. Tentu saja, orang tua mau berpesan pembelajaran yg efektif tak semata-mata cuma mencoba, maupun sekedar berusaha, masih terus pun menginginkan apa yg ditanamkan orang tua yang sempurna terpaku dalam stamina si buah hati dan pun mampu jadi basic untuknya mencari ilmu akidah dikala telah lebih tidak sedikit kelak. supaya membina kepercayaan jadi efektif, hindarinya kesalahan-kesalahan berikut ini:

  • Mengajarkan ilmu agam dengan formula membosankan
  • Memberikan ilmu agama tanpa diberikan keteladanan orang tuanya
  • Memaksa balita untu beribadah
  • Tidak melihat mood balita dalam menambah pelajaran

Butuh diingat, pendidikan keimanan bagi balita masih sama halnya seperti penanaman kosa kata atau menghapal abc dan berhitung. Balita butuh sorotan lebih oleh orang tua agar menyaksikan kebenaran ilmu yang tak menjemukan. Sangatlah tidak normal orang lanjut usia semula tak mewasiatkan pelajaran keimanan bersama memberikan contoh nyata, atau tak mengajaknya pada segera praktik beribadah. misalnya, terhadap yg beragama Islam mulailah menggandeng balita kamu kepada sholat lima waktu meski cuma mendatangkan gerakannya. waktu mengajaknya praktik serta-merta pun mesti diimbangi dgn uraian mengenai apa yg dilakukan. biasanya, balita dapat membenamkan pertanyaan pada orang tua tentang Tuhan, berkenaan peribadahan dan lain sebagainya. orang lanjut usia dituntut pada jadi menjawabnya dengan sah tidak cuek dengan cara berpikir si buah hati.

Salah satu bentuk mengajarkan anak kepada agama adalah melaksanakan ibadah aqiqah yang dilakukan oleh rumah aqiqah di bandung karena ini akan mengenalkan anak pada nilai-nilai ajaran islam sejak dini.

Arti Yang Terdapat dalam Doa Sholat Dhuha

Surat Ad Dhuha adalah satu diantara yang umum dipakai untuk doa sholat dhuha. Surat yang ke 93 didalam Al Quran ini memiliki 11 ayat. Dalam surat yang termasuk dalam surat Makkiyah ini di turunkan sesudah surat Al fajr. Nama dari surat ini tampak di ambil dari ayat pertama yang ada didalam surat itu, Dimana dalam ayat yang pertama memiliki makna saat matahari sepenggalang naik.

Tidaklah heran bila beribadah sholat dhuha dikerjakan saat matahari telah ada di sepenggalang naik atau seperempat dari siang. Arti dari surat Ad Dhuha ini Allah berupaya menjelaskan pada umatnya (Nabi Muhammad) tentang pemeliharaan pada larangan yang perlu dijauhi serta anak yatim yang perlu senantiasa dijaga. Hal semacam ini ditujukan supaya manusia selalu bersukur pada Allah untuk semua jenis nikmat yang didapatkan. Sebelumnya Anda mengerti arti apa yang terdapat dalam surat itu silakan membaca terlebih dulu surat Ad Dhuha bersama terjemahannya.

Jika Anda sudah membacanya dengan lengkap. Jadi untuk dapat mengerti arti yang terkadung didalam Surat yang di baca waktu doa sholat dhuha itu. Di bawah ini yaitu sebagian kandungan didalam surat Ad Dhuha ;
• Ketika membaca Ad Dhuha ini jadi disarankan untuk mengatakan takbir selesai melantunkan hingga ayat ke sebelas. Hal semacam ini disarankan berdasar pada hadist dari Rasulullah yang memberi argumen kalau Ad Dhuha ini adalah satu surat yang dapat memberikan keceriaan serta kesenangan atas rasa sukur pada Allah
• Surat ini memiliki kandungan arti kalau saat dhuha seperti satu saat malam yang sudah sunyi yang juga akan memperoleh perhatian dari Allah.
• Surat Ad Dhuha ini memberi saran pada umat Islam selalu untuk qanaah atau terima apa pun itu dengan ikhlas.

Semua yang didapatkan oleh Allah yaitu satu kenikmatan karna ukurannya bukanlah harta namun ketenangan jiwa.
Sedikit arti yang dapat diberi tentang satu diantara surat yang dapat dilantunkan saat tengah doa sholat dhuha itu. Mudah-mudahan dapat memberi faedah pada pembaca sekalian.